Wednesday 7 December 2016

Tahukah Kamu Kenapa Kelelawar Tidurnya Terbalik? Ternyata Ini Alasannya

Tahukah Kamu Kenapa Kelelawar Tidurnya Terbalik? Ternyata Ini Alasannya
Apakah kamu pernah melihat posisi tidur kelelawar? Yaps, terbalik. Hewan nocturnal ini memang memiliki posisi tidur unik dari hewan lainnya.

Mereka selalu tidur dalam keadaan menggantung , baik di langit-langit dinding ataupun di ranting pohon. Namun tahukah kamu bahwa posisi tidur terbalik ini memiliki beberapa alasan dan tujuan?

Nah, berikut informasinya yang dihimpun dari laman VIVA.co.id, Rabu (7/12/2016):

Menghindari Predator

Alasan dan tujuan pertama kelelawar memilih posisi tidur terbalik adalah untuk menghindari serangan dari predator. Seperti diketahui, kelelawar tidur di siang hari, sedangkan waktu ini merupakan waktunya predator mencari mangsa.

Memudahkan Penerbangan

Kelelawar merupakan hewan nocturnal yang memiliki bentuk sayap yang khas. Mereka selalu menggunakan sayapnya untuk memulai aktivitas mereka dalam mencari makan. Nah, dengan posisi tidur terbalik seperti itu, maka dengan mudahnya kelelawar memulai penerbangan.

Menghemat Energi

Posisi tidur terbalik dapat menghemat energi kelelawar. Mereka hanya perlu terbang ke posisi bertengger yang diinginkan, kemudian membuka cakarnya dan menemukan permukaan yang dapat digenggam.

Berat tubuh bagian atas akan menarik tendon yang terhubung dengan cakar ke bawah, dan menyebabkan cakar mengepal serta menggenggam tempatnya bertengger. Jadi otomatis dengan posisi itu, kelelawar tidak perlu melakukan usaha apa pun untuk tergantung terbalik.

Sumber : Palingseru.com



Tahukah Kamu Kenapa Kelelawar Tidurnya Terbalik? Ternyata Ini Alasannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment